Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran menurut para ahli pembuat kurikulum, terdapat banyak macam komponen silabus yang tersusun dalam suatu matrik silabus. Hal inilah yang harus dicermati dan dipilih oleh suatu institusi dalam mengelompokkan komponen-komponen tersebut. Setiap institusi berdasarkan kriteria atau standar yang diacu dapat menentukan sendiri komponen apa yang dipilih dan disusun pada matrik dalam menyusun silabus suatu mata kuliah. Pada prinsipnya semakin rinci silabus akan semakin memudahkan pengajar dalam menjabarkannya ke dalam menentukan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Didalam silabus yang sudah terusun rinci sangat membantu guru dalam menuntaskan kompetensi dasar pelajaran yang terdapat pada silabus. Silabus yang baik adalah silabus yang sudah memiliki metode pengajaran untuk penyampaian setiap materi. Macam-macam metode pembelajaran yang sering kita jumpai adalah :

a. Metode Tanya jawab

Metode tanya jawab adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan mengahasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut. Metoda Tanya Jawab akan menjadi efektif bila materi yang menjadi topik bahasan menarik,

b. Metode Diskusi

Metode diskusi adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah, atau analisis sistem produk teknologi yang pemecahannya sangat terbuka. Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.

c. Metode Pemberian Tugas

Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswa untuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat secara individual atau kelompok. Pemberian tugas untuk setiap siswa atau kelompok dapat sama dan dapat pula berbeda.

d. Metode Eksperimen

Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya.

e. Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah cara pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produk teknologi yang sedang dipelajari.

f. Metode Tutorial/Bimbingan

Metode tutorial adalah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa.

Strategi mengajar sangat diperlukan oleh seorang guru, karena dengan strategi mengajar yang terencana, akan membuat proses pembelajaran menjadi terarh dan dapat dievaluasi secara tepat. Jika pada tahap evaluasi masih didapatkan kekurangan, maka strategi mengajar untuk berikutnya harus diubah.

Strategi mengajar meliputi rencana penggunnan alat peraga yang sesuai dengan materi. Ada beberapa pendapat para ahli yang berhubungan dengan definisi strategi pembelajaran. Berbicara strategi, maka termasuk didalamnya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran banyak jenis dan macamnya. Dari yang palng sederhana dan murah hingga yang canggih dan mahal. Ada yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan ada yang diproduksi pabrik. Ada yang sudah tersedia di lingkungan untuk langsung dimanfaatkan dan ada yang sengaja dirancang. Berbagai sudut pandang untuk menggolongkan jenis-jenis media.

Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur pokok (suara, visual dan gerak):

1.      Media audio

2.      Media cetak

3.      Media visual diam

4.      Media visual gerak

5.      Media audio semi gerak

6.      Media visual semi gerak

7.      Media audio visual diam

8.      Media audio visual gerak

Jadi, tentukan rencana pembelajaran dan strategi yang meliputi penggunaan media pembelajaran pada silabus semester. Pembuatan silabus jangan dilakukan secara asal-asalan, jadi segala hal yang akan dilakukan sudah terprogram dengan baik. Di internet terdapat banyak inspirasi bagi para guru untuk membantu menemukan ide-ide segar tentang strategi pembelajaran, artikel model pembelajaran, pendekatan dan metode pembelajaran, strategi belajar dan pembelajaran. Silahkan eksplor informasi tersebut dan jadilah guru yang kreatif dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan merencanakan strategi pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s